7 Tips Slide Presentasi Guy Kawasaki

Saya termasuk orang yang percaya bahwa pengalaman dan keahlian harus dipelajari dari orang-orang yang mumpuni, demikian juga dengan presentasi, sudah selayaknya kita belajar dari para ahli presentasi yang telah menjadi rujukan jutaan orang di dunia untuk memperbaiki performa presentasi mereka. Guy Kawasaki adalah salah satu ahli dalam menyampaikan presentasi. Dalam buku “The Art of The Start 2.0” dia membeberkan 7 Tips Slide Presentasi Guy Kawasaki yang telah menggawangi ratusan start up business di seluruh dunia.

Apa saja 7 tips slide presentasi Guy Kawasaki itu? Berikut penjelasannya:

1- Jangan pernah membaca slide Anda.

Apa yang ada di dalam slide Anda adalah poin pembahasan. Kita cukup mencantumkan hal-hal yang penting atau kata-kata kunci saja. Membaca slide tidak akan membuat presentasi kita lebih baik.

Membaca slide bukan hal bijak.

2- Tampilkan Logo Anda.

Presentasi adalah momen yang sangat pas untuk mem-branding diri, produk maupun perusahaan Anda. Anda bisa memasukkan logo di setiap slide dengan menkopi-paste-nya atau meletakkan logo tersebut di master slide. Dengan demikian logo Anda akan muncul di setiap slide presentasi.

3- Gunakan Huruf Sans Serif

Slide presentasi kita bukan tempat yang cocok untuk menunjukkan pada audiens kumpulan font yang kita miliki. Gunakan font atau huruf yang mudah dibaca seperti huruf Sans Serif, contohnya Arial atau Gill Sans. Gunakan huruf yang kemungkinan ada di komputer pada umumnya. Bisa jadi suatu saat kita harus mempresentasikan slide kita dengan komputer orang lain. Menggunakan huruf Sans Serif memudahkan mata audiens membaca teks kita dengan nyaman.

Contoh font Sans Serif

4- Bullet Point Perlu Asal…

Tidak semua presentasi kita harus menggunakan big image dan sedikit kata kunci. Suatu saat kita bisa perlu menggunakan bullet point. Kapan? Ketika menjelaskan urutan atau sebuah simpulan. Jangan langsung menampilkan semua bullet point di slide Anda secara bersamaan. Klik bullet point pertama, lalu jelaskan. Klik bullet point kedua, lalu jelaskan, dan demikian seterusnya.

5- Grafik dan Diagram

Bullet point lebih baik daripada slide kita penuh dengan teks. Namun diagram jauh lebih baik dibandingkan bullet point. Tunjukkan diagram di dalam slide untuk memvisualkan step by step atau urutan sebuah proses.

Tabel lebih baik daripada kumpulan data berupa paragraf teks. Namun grafik lebih baik dibandingkan tabel. Gunakanlah grafik untuk menunjukkan analisa, tren maupun perbandingan data yang Anda miliki.

Grafik & Diagram sangat visual untuk data.

6- Pastikan Slide Anda bisa di-Print Out

hindari slide yang bertumpuk antara satu komponen dengan komponen slide yang lain. Misalnya gambar yang tertutup oleh teks atau grafik yang kemudian tertutupi oleh diagram. Usahakan Anda menempatkan variabel slide di posisi dalam slide yang berbeda, misal grafik di kanan, legenda grafik di kiri. Slide yang mudah diprint juga mempermudah Anda membagikannya kepada audiens jika memang diperlukan.

7- Berlatihlah presentasi hingga Anda Bosan

Mungkin 7 tips slide presentasi Guy Kawasaki yang terakhir ini terlihat klise, namun ada benarnya juga. Sebelum presentasi kita harus benar-benar siap, apalagi jika presentasi kita saat itu mempertaruhkan closing project, masa depan perusahaan, harga diri Anda sebagai presenter atau sebab lainnya yang sangat krusial. Jika Anda berlatih presentasi hingga boosan, artinya Anda sudah menguasai materi presentasi. Ini mengecilkan kemungkinan presentasi yang gagal.

Nah, inilah 7 tips slide presentasi Guy Kawasaki yang saya kutip dari buku “The Art of The Start 2.0.” Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda ingin menaikkan level slide presentasi Anda, tim saya pun siap untuk membantu. Silakan bagi yang masih ingin bergabung di workshop slide presentasi terbaik Indonesia Amazing Slide Presentation 11-12 Februari di Surabaya, masih ada seat. Silakan menghubungi Mbak Indraswari 08123 271 6030 untuk pendaftarannya.

Sampai ketemu.

Salam Amazing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.