BLOG

6 Kiat Presentasi Melekat (2)

Kiat presentasi. Setelah kemarin saya memposting 3 dari 6 tips presentasi melekat, maka hari ini 3 tips berikutnya akan saya bagi untuk Anda. Semoga dengan kiat berikut, presentasi Anda makin memukau:

  1. Kredibilitas. Rudy Choiruddin mungkin bisa menyanyi namun dia selalu tampil sebagai chef. Choky Sitohang bisa jadi mampu main sepak bola, namun dia memilih menjadi presenter. Setiap orang punya keahlian sendiri-sendiri. Jika dia mengasahnya terus menerus, dia akan dikenal sebagai ahli bidang tersebut. Artinya, tampilkan presentasi yang sesuai dengan passion Anda. Berikan materi yang Anda kuasai. Bila perlu konten yang Anda benar-benar ahli di dalamnya. Hindari tawaran memberikan materi yang bukan bidang Anda. Bukan berarti saya menghalangi rezeki Anda, namun alangkah bijaknya jika kita memfokuskan diri menjadi expert dalam satu bidang, sehingga menjadi rujukan terpercaya. Saya pun mencoba menghindari menjadi trainer yg bukan bidang saya. Karena jika kadangkala Anda tampil sebagai pemateri ISO, besok presenter materi spiritual, selanjutnya menjadi pembina outbond, ceramah pernikahan dan lain-lain, saya yakin Anda tidak akan jadi rujukan siapapun.
  2. Emosional. Sampai sekarang saya masih ingat bagaimana Ibu dan Nenek saya bercerita tentang Kancil dan Mentimun dan Bawang Merah-Bawang Putih, dulu ketika saya masih TK. Ibu dan Nenek saya bercerita dengan emosional, melibatkan saya dalam tawa dan rasa ingin tahu yang besar. Seringkali dulu saya bertanya, “Lalu gimana Nek?” Ketika saya penasaran akan kelanjutan ceritanya. Padahal bukan sekali dua kali saya mendengar kisah itu. Ibu dan Nenek telah berhasil menjadi presenter handal. Karena mereka melibatkan emosi saya. Usahakan Anda pun melibatkan emosi audiens.
  3. Dan yang terakhir adalah Kisah. Sampaikan presentasi Anda dalam bentuk kisah atau cerita. Setiap orang suka bercerita. Buktinya ketika Anda bertemu dengan orang lain, salah satu topik pembicaraan yang Anda sukai adalah kisah tentang Anda sendiri. Baik itu pengalaman, keluarga, karir dan sebagainya. Apalagi kisah Anda berhubungan dengan problem orang lain dan solusinya. Pasti mereka dengan sukarela dan antusias mendengarkan presentasi Anda. So, manfaatkan kelebihan Anda dan sentuh audiens dengan kisah yang Anda sampaikan.

Demikian 6 tips supaya presentasi Anda melekat dalam jiwa audiens. Tips ini juga saya sharing di Twitter dengan hastag #PresentasiMelekat.

Yuk Amazing-kan presentasi kita.

6 Kiat Presentasi Melekat (1)

Apakah Anda ingat kisah Si Kancil dan Mentimun? Atau apakah Anda ingat kisah asal mula Tangkuban Perahu atau kisah Bawang Merah Bawang Putih? Mungkin Anda sudah lupa kapan Ibu, saudara, guru atau rekan Anda menceritakan kisah itu. Tapi jika Anda pernah mendengarnya, saya yakin sampai sekarang Anda pasti masih ingat. Lalu …

Kiat Presentasi yang disampaikan Pakar Slide Dhony Firmansyah di Workshop Amazing Slide Presentation batch 5

 

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment