BLOG

6 Alasan Konsumen Membeli Produk Anda

Bagi Anda yang sudah berbisnis, artikel ini tentu tidak asing bagi Anda, bahkan bisa jadi, artikel dengan judul 6 alasan konsumen membeli produk Anda ini akan menjadi rujukan untuk pengembangan bisnis Anda ke depan. Jual beli adalah jantung bisnis Anda. Tanpa produk yang terjual, bisnis Anda akan kolaps seketika. Tidak peduli bisnis Anda memperdagangkan barang atau jasa. Produk memiliki peran yang sangat penting untuk mendorong konsumen memilih kemudian memutuskan beli atau tidak.

Nah, saya telah merangkum dari berbagai referensi marketing, baik The Art of The Start karya Guy Kawasaki, Marketing is Bullshit karya Ippho Santosa, dan Marketing Revolution karya Tung Desem Waringin. Dari 3 buku tersebut saya merangkum ada 6 alasan konsumen membeli produk Anda. Apa saja 6 alasan tersebut? Berikut penjelasannya:

1- Kebutuhan

Ini adalah alasan pertama konsumen membeli produk Anda. Namanya juga kebutuhan, cepat atau lambat pasti mereka akan beli. Karena itulah toko-toko yang menjual sembako sebagian besar selalu laris dikunjungi orang. Apotik di rumah sakit tak pernah berhenti melayani pasien. Mengapa? Karena para pembeli butuh. Beruntunglah jika Anda menjual produk yang selalu dibutuhkan orang lain. Lha, jika produk saya adalah barang yang tidak setiap hari diperlukan, misal kamera digital bagaimana? Maka tentu Anda harus menjualnya kepada orang yang butuh. Komunitas fotografi misalnya, atau orang-orang yang hobi berfoto ria misalnya, adalah sebagian konsumen yang bisa menjadi alternatif market Anda. Jika Anda sudah mengetahui market, maka berikutnya adalah membuat mereka tahu tentang Anda dan sisi positif Anda dan produk Anda, sehingga mereka mau membelinya.

2- Harga

Dari sebuah survei, Ericsson mencatat bahwa pertumbuhan smartphone android dengan brand lama seperti Samsung dan Apple di Indonesia tahun 2015 mengalami penurunan signifikan dibanding jumlah pengguna-nya di tahun 2013. Merk-merk baru dengan fitur berlimpah, harga murah dan kamera bagus merajai pasar handphone android di Indonesia. Ini membuktikan harga murah dengan fitur yang hampir sama merupakan salah satu jaminan laku-nya produk di negeri ini. Oleh karena itu saya dan tim Kreasi Presentasi pun menyediakan template Powerpoint Premium dengan harga sangat murah di Amazing-Slide.com. Hanya 12 ribu rupiah saja, Anda bisa memiliki presentasi berkelas dengan slide memukau. Silakan kunjungi Amazing-Slide.com

3- Kualitas

Mutu atau kualitas juga merupakan salah satu dari 6 alasan konsumen membeli produk Anda. Telkomsel misalnya, merupakan salah satu povider telekomunikasi dengan jaringan terluas di negeri ini, hingga tulisan ini terbit. Oleh karena itu bagi para eksekutif dan profesional yang seringkali bepergian dari satu kota ke kota lain, sebagian besar menggunakan jaringan telkomsel sebagai pendukung aktifitas mereka. Mereka mempercayakan jaringan telekomunikasi kepada Telkomsel karena tahu bahwa perusahaan ini memiliki produk yang berkualitas. Kualitas ini pula lah yang membuat pelatihan infografis dan videografis Amazing Slide dipercaya sebagai salah satu pelatihan slide presentasi terbaik negeri ini, lebih dari 130 perusahaan telah mempercayakan staf mereka untuk menyusun presentasi dengan teknik Amazing Slide. Silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk penawaran istimewanya.

4- Alternatif

Tidak sedikit orang yang membeli sebuah produk B karena memiliki kualitas hampir sama dengan produk A, harganya pun setara. Sayangnya produk A tidak tersedia di dekat rumah kustomer. Dia membeli produk B sebagai alternatif karena mudah dibeli dan dekat. Mungkin itulah sebabnya sampai sekarang Toyota sebagai produsen mobil dan Astra Honda Motor sebagai produsen motor menjadi raja kendaraan bermotor di negeri ini. Oleh karena bengkel mereka tersebar di berbagai tempat, spare part mereka mudah, hingga menyebabkan harga purna jual mobil dan motor merk ini tetap tinggi. Maka pastikan Anda juga memiliki purna jual yang memadai sehingga produk Anda dilirik sebagai alternatif oleh kustomer.

5- Merk

Meski tidak banyak, di negeri ini ada sebagian orang yang fanatik terhadap satu brand atau merk tertentu. Rekan saya di Facebook ada yang sangat fanatik dengan merk jam tangan Fossil, ada pula yang dari kaos, celana hingga sepatunya wajib bermerk Nike. Gadgetnya harus Apple. Kalau minum kopi tidak mantap kalau tidak ke Starbucks, batiknya harus Danarhadi. Menurut ahli Brand Pak Subiakto, seseorang yang sudah fanatik terhadap merk tertentu akan mengobankan segalanya untuk memburu merk tersebut, bahkan bila di”bully” dia tidak akan segan untuk membela merk-nya mati-matian. Pengguna Harley Davidson misalnya, mereka paham kalau bermotor ria di negeri ini akan sangat panas dan terik di siang hari, apalagi dalam kondisi macet, namun karena kebanggan terhadap brand, mereka rela berkonvoi untuk menunjukkan eksistensinya.

6- Emosional

Yang terakhir ini mungkin bisa dianggap sebagai pelarian atau kekecewaan terhadap satu produk, hingga beralih ke produk sebelah. Faktor emosional sangat lekat di negeri ini. Menurut guru saya, Pak Jamil Azzaini orang Indonesia memiliki tipologi suka dengan cerita, kisah, inspirai dan apapun yang menyentuh emosi. Maka tidak heran, jika mereka dikecewakan  oleh satu produk, akan segera beralih ke produk lain dan tidak merekomendasikan produk sebelumnya ke orang di sekitarnya. Ini sebuah catatan penting bagi Anda jika berinteraksi dengan konsumen. Jaga kualitas, pelayanan dan attitude Anda. Supaya mereka tetap kembali memilih produk Anda dan merekomendasikannya ke orang lain.

Nah, itulah 6 alasan konsumen membeli produk Anda, moga artikel ini bermanfaat untuk pengembangan bisnis Anda masing-masing.

Salam Amazing.

Klik untuk pesan buku seri Amazing Slide

 

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment