BLOG

5 Tips Memulai Presentasi Memukau

Darlene Price, Pimpinan Well Said Inc., sekaligus penulis buku Well Said! Presentations and Conversations That Get Results, menulis dalam sebuah kolom di Business Insider tentang 5 tips memulai presentasi memukau. Awal presentasi merupakan segalanya, bahkan Plato mengatakan, “Awal adalah hal terpenting dari sebuah pekerjaan.” Termasuk presentasi. Rangkuman dari 5 tips presentasi memukau ini saya rangkum dalam artikel berikut.

1- Story Telling

Darlene Price menyebut bahwa dari semua tools presentasi yang kita miliki, story telling merupakan tools terbaik. Banyak diantara kita yang bisa mengingat cerita dalam waktu yang lama bahkan terlibat emosi di dalamnya. Dengan kisah seseorang bisa mengambil hikmah dan merefleksikan dengan dirinya sendiri. Price menyebut bahwa tidak perlu kita mengambil kisah diri sendiri, meski kisah dari pribadi lebih bernilai, namun intinya kita wajib menyiapkan naskah cerita pembuka presentasi antara 60 hingga 90 detik yang memikat audiens hingga mau mendengarkan presnetasi kita lebih lanjut. Kisah yang disampaikan bisa berupa fabel, sejarah, kisah nyata, kisah inspiratif maupun fiksi yang menyentuh emosi audiens. Dari kisah ini kita bisa menarik audiens ke dalam suasana presentasi kita.

2- Statistik & Data yang Mencengangkan

Siapapun suka data. Data dianggap sebagai representasi referensi ilmiah yang bisa dipercaya. Bagaimana jika data yang kita sampaikan bertentangan dengan persepsi sebagian besar audiens? Tentu mencengangkan. Akan ada gejolak dalam diri audiens. Gejolak inilah yang bisa dimanfaatkan oleh presenter untuk menarik audiens ke dalam presentasi mereka. Misalnya di tahun 2012, data dari Kementerian Agama menyebutkan ada lebih dari 2 juta perceraian di Indonesia tiap tahun. Artinya, ada sekitar 20 perceraian tiap hari. Data tersebut cukup mencengangkan, dan akan membantu audiens mengikuti presentasi dengan sukarela. Apalagi jika ditambah dengan visualisasi data yang optimal, salah satunya Anda bisa membaca Amazing Slide Infographic, buku yang menjelaskan teknik visualisasi data. Untuk pemesanan klik link berikut.

3- Kutipan atau Quotes

Ada orang yang menggemari inspirasi,maka salah satu dari 5 tips memulai presentasi memukau berikutnya adalah menggunakan kata-kata bijak atau kutipan dari orang ternama. Kemudian simpulan dari kutipan tersebut Anda gunakan untuk mempermudah audiens mengikuti presentasi Anda. Misalnya, kutipan dari Bruce Lee, “Saya tidak takut orang yang berlatih 10.000 tendangan sekali, namun aku takut pada orang yang berlatih satu tendangan 10.000 kali.

4- Gunakan Foto dan Video

Gambar memiliki seribu makna, video bahkan memiliki jutaan makna. Oleh karena itu menggunakan foto dan video sebagai bagian dari 5 tips memulai presentasi memukau adalah cara yang tepat. Sebagi contoh, kita bisa menampilkan foto film “Titanic” lalu bertanya pada audiens, “Apa yang membuat Kapal Titanic tenggelam?” Audiens pasti akan menjawab “Gunung Es.” Anda kemudian bertanya lagi, “Bagian mana dari gunung es tersebut yang membuat Titanic tenggelam. Atas atau bawah?” Anda kemudian menunjukkan tampilan gunung es, bagian bawah gunung es jelas lebih berbahaya meski tak tampak. Hal ini bisa dianalogikan dengan zaman sekarang, saat ini adalah era disruptive, kompetitor kita tidak terlihat, itu jauh lebih berbahaya daripada yang terlihat. Oleh karena itu kita harus terus inovatif dan kreatif.

5- Gunakan Properti tak Terduga

Properti yang tak terduga adalah salah satu cara paling efektif untuk menyita perhatian audiens. Cara ini pernah dilakukan oleh Dr. Jill Bolte Taylor. Untuk menarik perhatian audiens tentang cara kerja otak, dia membawa otak manusia sesungguhnya ke hadapan audiens. Tentu hal ini tak terduga dan mengejutkan. Dengan cara demikian Dr Jill mampu membawa audiens turut serta dalam presentasinya.

Nah, itulah 5 tips memulai presentasi memukau yang saya ambil darireferensi terpercaya Business Insider. Semoga bisa membantu presentasi Anda. Oya, jika Anda ingin mengoptimalkan visualisasi presentasi, Anda bisa bekerja sama dengan kami untuk bersama-sama belajar di Workshop Amazing Slide Presentation dan Amazing Slide Infographic dengan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407. Moga kita bisa bersinergi.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment