BLOG

5 Software Visualisasi Data Gratis

Saat ini disebut sebagai era data. Era dimana siapa menggenggam data, dia menguasai dunia. Penguasaan data bukan hanya sekedar memiliki. Namun mulai dari mengambil data. Mengolahnya. Hingga memvisualkannya. Software visualisasi data turut berperan. Memudahkan manusia memahami dan menyimpulkan data.

Jutaan data yang hadir bisa merepotkan. Jika kita kesulitan dalam mengolahnya. Kesalahan dalam memvisualkan data, berakibat kesalahan dalam menyimpulkan. Perlu adanya Business Intelligence atau BI untuk menganalisa data. Untungnya, perkembangan online software sangat pesat. Termasuk software visualisasi data.

Di artikel ini, saya akan membahas 5 software visualisasi data gratis. Kesimpulan 5 software ini saya ambil dari tulisan Bernard Marr. Seorang analis bisnis dan kontributor Forbes. Sekaligus berbagai artikel lain yang saya kompilasi. Oya, meski gratis, software visualisasi data yang saya list perlu koneksi internet. Untuk mengoperasikan serta mendapat analisa data yang valid.

Tanpa berlama-lama. Inilah 5 software visualisasi data gratis untuk Anda:

1- Tableau Public

Tableau merupakan salah satu software BI terbaik. Dia disebut sebagai guru dari semua software visualisasi data. Selain memiliki versi berbayar. Tableau juga memiliki versi gratis untuk penggunanya.

Tableau memiliki pengguna yang sangat berlimpah. Lebih 60ribu akun pengguna di lebih dari 100 negara. Tableau mampu mengolah data dari berbagai sumber, seperti excel, database, JSON, access hingga pdf. Jika Anda menggunakan software berbayar, maka Anda juga bisa terhubung ke berbagai server data terbaik dunia seperti Google dan Facebook. Dengan format drag and drop Anda bisa mengolah hingga 1 juta data.

Tim Kreasi Presentasi juga bisa membantu Anda. Dalam Pelatihan Analisa dan Visualisasi Data melalui software Tableau. Silakan hubungi Bu Isti di 0857 3333 0407.

2- Qlikview

Software analisa data berikutnya adalah Qlikview. Hampir sama dengan Tableau penggunanya mencapai lebih dari 40ribu. Qlikview memiliki software demo yang bisa dioperasikan dengan baik. Anda bisa mendownloadnya dengan mengklik link di bawah ini.

3- Fusion Charts

Fussion Chart adalah salah satu dari 5 software visualisasi data gratis terbaik. Fussion Chart berbasis JavaScript. Cukup mirip dengan Tableau maupun Qlikview. Fussion Chart memiliki lebih dari 90 jenis grafik. Dan bisa Anda coba secara gratis. Silakan Anda download link dengan mengklik gambar berikut.

4- HighCharts

Sama seperti Fusion Chart yang membutuhkan lisensi untuk akun komersial. Highcharts memiliki akun gratis yang bisa digunakan secara personal. Menurut Highcharts, software mereka sudah digunakan oleh 72 dari 100 perusahaan terbesar dunia. Silakan Anda download dengan klik link di gambar berikut:

5- Fine Report

Fine Report adalah salah satu software data visualisasi yang bisa Anda download secara gratis. Memiliki basic HTML 5 yang mampu memadukan tampilan visual indah dengan keunggulan efek dinamis. Untuk memunculkn efek tersebut, Anda cukup drag and drop saja. Silakan download Fine Report dan susun dahsboard Anda.


Semoga artikel 5 software visualisasi data gratis ini bisa membantu Anda. Dalam memvisualkan data, memahami sekaligus mengambil simpulan. Apalagi jika Anda memiliki jutaan data. Dan perlu analisa secepatnya.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment