5 Pertanyaan Sebelum Membuat Infografis

Saya mendapat kesempatan belajar lebih dalam tentang infografis di Singapura awal April 2017 kemarin. Saya juga memperoleh kesempatan untuk sharing tentang slide presentasi di Sekolah Indonesia Singapura.  Selama lima hari di Singapura untuk memperdalam infografis, banyak ilmu baru yang saya petik. Salah satunya adalah 5 pertanyaan sebelum membuat infografis.

Mengapa kita perlu menjawab 5 pertanyaan sebelum membuat infografis ini? Begini, ada dua alasan. Pertama, kita tentu ingin infografis yang kita buat bukan main-main. Infografis tersebut kita usahakan memberi manfaat dan terpercaya. Yang kedua, tidak semua orang butuh infografis yang kita tampilkan. Ada yang butuh dan ada yang tidak. Kita harus memahami segmentasi infografis dan bahasa yang kita gunakan untuk menyampaikan infografis. Nah.. oleh karena itu 5 pertanyaan sebelum membuat infografis ini perlu kita simak dan tentukan checklist jawabannya. Apa saja.. simak ya.

1- Apa sumber yang Anda pakai untuk menyusun infografis, apakah terpercaya?

Pertanyaan pertama ini sederhana tapi menohok. Upayakan kita membuat infografis dengan sumber yang terpercaya, sebagai contoh pakai website Forbes, Statista atau hasil publikasi dari kementerian dan badan dengan reputasi positif. Gunakan hasil riset yang bisa dipertanggungjawabkan. Jangan menggunakan sekedar mesin pencari di dunia maya untuk mencari data dan menyimpulkan sendiri. Wikipedia dan Google bisa menjadi dua contoh referensi yang sebaiknya tidak dipakai untuk publikasi infografis.  Berikut contoh data Statista:

2- Apakah data Anda masih relevan dengan saat ini?

Data dan informasi saat ini sangat cepat berganti. Oleh karena itu alangkah baiknya Anda menggunakan infografis yang masih relevan dengan waktu publikasi Anda. Misalnya, Anda memperoleh data jumlah kecelakaan lalu lintas tahun 2010, dan membuat infografis tips pencegahan kecelakaan kendaraaan bermotor untuk tahun 2017. Tentu tidaklah pas. Gunakanlah data terkini, data yang terbaru. Karena dominasi sebab-sebab banyaknya kecelakaan lalu lintas tahun 2010, belum tentu sama dengan tahun 2017.  Jangan sampai kita menggunakan data dengan ukuran byte, sedangkan saat ini sudah lebih dari terabyte:

3- Apa motivasi Anda menyusun infografis? Sekedar menyampaikan pesan atau yang lain?

Paling tidak ada 3 motivasi seseorang membuat infografis. Yang pertama untuk memberikan informasi atau pesan; kedua, untuk memberikan manfaat seperti hiburan dan; ketiga untuk menjual produk atau layanan sosial. Motivasi Anda akan menentukan visualisasi infografis Anda. Tampilan infografis edukasi tentu berbeda dengan infografis dengan target sales closing. Menentukan motivasi dengan benar, membuat visualisasi infografis juga makin optimal.  Berikut contoh infografis dengan tujuan selling:

4- Siapa segmentasi target infografis Anda?

Tentu kita memahami bahwa infografis terdiri atas elemen seperti gambar, font dan teks yang saling berkaitan dan bertujuan mempengaruhi audiens. Segmentasi infografis profesional tidaklah sama dengan infografis untuk iklan layanan masyarakat. Bahasa infografs untuk generasi X juga berbeda dengan bahasa generasi Y. Segmentasi yang tepat memastikan infografis yang tepat. Inilah contoh infografis untuk generasi Y:

5- Apakah infografis Anda mampu mewakili inti dari data yang ingin Anda sampaikan?

Yang terakhir dari 5 pertanyaan sebelum membuat infografis adalah inti pesan yang tersampai dari infografis Anda. Usahakan audiens menyimpulkan infografis yang Anda tunjukkan sesuai dengan harapan Anda. Jangan sampai audiens memiliki simpulan yang berbeda. untuk menjamin hal ini bisa Anda lakukan, maka pastikan narasi, outline dan struktur infografis Anda tertata dengan baik. Supaya audiens mudah membaca dan memahaminya. Tampilkan kata-kata kunci dan data-data yang menurut Anda penting saja, supaya audiens lebih mudah mendapatkan insight dari infografis tersebut.

Nah, itulah 5 pertanyaan sebelum membuat infografis. Semoga bisa membantu Anda menyusun infografis sesuai target dan desain audiens. Jika merasa perlu, saya dan tim Kreasi Presentasi juga siap membantu Anda untuk bersama-sama belajar tentang infografis di Workshop Amazing Slide MiniMAX dan animasi video infografis di Workshop Amazing Slide Videographic. Silakan Anda menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk kolaborasi bersama kami.

Semoga manfaat.

Salam Amazing.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.