5 Menit PD Sebelum Presentasi

Pelatihan Infografis, Videografis & Visualisasi Data, CP: 0857 3333 0407.

5 Menit PD Sebelum Presentasi

Kegugupan sebelum presentasi adalah hal yang normal. Meski demikian, kegupan sangat berpengaruh pada performa Anda. Tidak sedikit presenter yang belum bisa menampilkan presentasi terbaik gara-gara gugup. Sebaliknya, ada banyak pula presenter yang berhasil memukau audiens dengan menundukkan kegugupannya. Bagaimana caranya? Ada banyak kiat dan tips untuk meningkatkan kepercayaan diri sebelum presentasi. Dari sekian banyak tips tersebut ada dua kata kunci utama, yaitu persiapan dan latihan.

Lalu, bagaimana jika kita diminta untuk presentasi dadakan? Bagaimana jika dalam waktu terbatas kita diminta menyampaikan presentasi pada BOD, stakeholder, atasan, atau klien dengan target tercapainya project? Nah, saya merangkum tips 5 menit PD sebelum presentasi ini dari buku Talk Inc Points, yang ditulis oleh Alexander Sriewijono, Becky Tumewu dan Erwin Parengkuan. Kita pun tahu kapasitas ketiganya. Tak perlu diragukan. Nah, tanpa berlama-lama lagi, inilah tips presentasi 5 menit PD sebelum presentasi:

1- HADAPI HADIRIN ANDA

Mau mundur presentasi? Sudah telat hehe… Presentasi Anda sebentar lagi. Maju mundur Anda pasti kena. Oleh karena itu hadapi saja sekalian audiens Anda. Disinilah akan tempak kebesaran jiwa Anda. Nah.. itu kuncinya. Kebesaran jiwa. Menemukan sisi positif di tengah berbagai tekanan. Coba terus afirmasi diri Anda. Bahwa Anda mampu. Anda hebat. Anda lebih menguasai materi. Anda lebih paham slide presentasi. Anda yang menyusun materi. Anda lah pusat perhatian. Anda lah yang mengendalikan audiens. Terus.. beri afirmasi positif pada diri Anda. Percayalah, perlahan-lahan kegugupan itu akan tunduk dengan sendirinya. Efektifkan 5 menit PD sebelum presentasi ini dengan kalimat-kalimat positif.

2- CATAT PESAN KUNCI ANDA

Gugup, bisa membuat Anda blank, yang akhirnya terlupa dengan pesan presentasi yang sesungguhnya. Oleh karena itu hapalkan pesan kunci presentasi Anda. Misal di dalam materi workshop infografis Amazing Slide Infographic, saya selalu menekankan audiens, bahwa syarat infografis itu ada 3, yaitu simpel, harmoni dan unik. Pesan ini melekat erat dan menjadi kata kunci pelatihan ini. Oya, bagi Anda yang yang ingin belajar bersama kami yang sudah dipercaya ratusan corporate, BUMN dan kementerian tentang teknik menyusun infografis, silakan kontak Bu Isti 0857 3333 0407.

Sekali lagi, hapalkan pesan kunci presentasi Anda. Bila perlu tuliskan pesan kunci tersebut di selembar kertas. Letakkan di genggaman tangan Anda, bila perlu Anda bisa membukanya. Percayalah, banyak teman saya yang sudah melakukan teknik ini. Dan presentasi mereka lancar tanpa membuka lembaran kertas tersebut.

3- LAKUKAN PERSIAPAN AKHIR

Cek kembali semua perlengkapan presentasi Anda. Mulai dari laptop, pointer, slide presentasi, koneksi dengan LCD projector, hingga posisi duduk audiens sehingga nyaman melihat presentasi Anda. Persiapan akhir ini penting. Rekan saya pernah diundang ke sebuah event presentasi yang kurang memperhatikan hal ini. Saat rekan saya masuk ke ruangan, ternyata kursi audiens belum ada. Rupanya, sehari sebelumnya ada event besar yang mengharuskan kursi di tempat meeting dibawa ke ruangan yang lebih besar. Akhirnya, bersama dengan tim, rekan saya mengangkat kursi satu per satu dari ruangan lain ke tempat presentasi. Hal ini sangat tidak nyaman dan benar-benar mengganggu konsentrasinya.

Nah, saya tidak ingin pengalaman pahit rekan saya terjadi juga pada Anda. Oleh karena itu pastikan tempat presentasi sudah fix, koneksi dengan materi presentasi Anda sudah oke, sehingga Anda lebih tenang saat perform di depan audiens. Untuk presentasi online, demikian juga. Pastikan koneksi internet Anda oke. Webcam, audio, dan slide presentasi berfungsi sempurna. Sehingga Anda siapa memberikan materi secara online.

4- BERLATIH VOKAL

Tips 5 menit PD sebelum presentasi berikutnya adalah berlatih vokal suara. Kegugupan bisa jadi berpengaruh pada vokal Anda. Suara Anda lebih kecil dari sebelumnya. Jadi kurang jelas. Bahkan sulit untuk mengucapkan kata-kata. Berlatih vokal-lah beberapa menit sebelum presentasi. Katakan berulang-ulang keywords yang menurut Anda akan sering diucapkan saat presentasi. Berlatihlah untuk menaik-turunkan vokal, memanjang-pendekkan, mengeraskan dan menghaluskan suara. Lakukan di tempat yang sepi, jauh dari audiens, sehingga Anda nyaman dan PD nantinya.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment