BLOG

5 Langkah Teknik Presentasi dengan Slide

Dalam buku Amazing Slide MiniMAX (Gramedia Pustaka Utama, 2015), saya menjelaskan tentang slide delivery, yaitu teknik menyampaikan slide presentasi dengan baik dan benar sehingga pesan kita tersampai sempurna pada audiens. Nah, untuk melengkapi referensi tersebuut, di artikel berikut saya akan menjelaskan 5 langkah teknik presentasi dengan slide yang saya ambil dari buku Amazing Slide MiniMAX plus referensi dari Elly Whiley, seorang desainer Australia sekaligus kontributor Canva. Apa saja 5 langkah teknik presentasi dengan slide tersebut? Berikut urutannya:

1- Bikin audiens menikmati presentasi Anda layaknya sebuah film

Apa perasaan Anda jika presentasi yang Anda lihat memiliki alur, visualisasi dan teknik penyampaian layaknya sebuah film? Tentu Anda akan terpesona. Anda akan sayang melewatkan setiap sesi presentasi tersebut. Presentasi yang Anda nikmati memiliki awalan, klimaks, antiklimaks dan penutup yang memukau. Tentu semua hal ini tak mungkin bisa dilakukan tanpa persiapan. Mulai dari narasi presentasi, setting tempat presentasi, slide dan media hingga berlatih presentasi dengan detail dari menit ke menit hingga optimal.

2- Konsisten dengan satu ide tiap slide dan visualkan

Menurut Carmine Gallo di dalam buku The Presentation Secrets of Steve Jobs, presentasi yang baik adalah menjelaskan satu demi satu ide secara berurutan. Ini dituangkan di dalam slide dengan format satu ide setiap satu slide. Usahakan meminimalisir teks yang berbaris-baris maupun berbentuk paragraf dan menggantinya dengan image atau gambar.

Satu ide per slide memudahkan Anda dalam penyampaian presentasi, sekaligus memudahkan audiens mengikuti alur presentasi Anda. Sedangkan image yang Anda pakai untuk menggantikan teks akan lebih mudah diingat oleh audiens dalam jangka waktu yang lebih lama.

3- Miliki harmoni warna dan font yang seragam

Langkah ketiga dari 5 langkah teknik presentasi dengan slide adalah membuat konsistensi warna dan font di dalam slide presentasi yang Anda desain. Konsistensi warna dan font akan memberikan kesan slide Anda dipersiapkan dengan profesional dan sungguh-sungguh, layaknya template slide presentasi premium yang berharga mahal. Selain itu konsistensi warna dan font juga memudahkan audiens mengingat satu demi satu pesan melalui slide yang Anda tampilkan. Berikut contoh visualisasi slide dengan konsistensi warna dan font:

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment