5 Langkah Cepat Membuat Slide

Pelatihan Infografis, Videografis & Visualisasi Data, CP: 0857 3333 0407.

5 Langkah Cepat Membuat Slide

Saat ini bisnis bergerak dengan cepat. Cepat, efisien dan akurat adalah prinsip utama dalam bisnis. Yang cepat akan mengalahkan yang sedang bersiap. Yang efisien akan melesat meninggalkan yang penuh prosedural. Informasi bergerak cepat, demikian pula dunia presentasi.

Seringkali saya dan tim Kreasi Presentasi diminta untuk pitching oleh calon klien kami. Pitching adalah presentasi tentang produk kami dalam waktu singkat, biasanya antara 10 hingga 15 menit. Kami diminta menjelaskan produk kami, keunggulannya, portofolio, testimoni klien lain hingga result dari pelatihan Kreasi Presentasi. Dalam waktu yang singkat itu, kami harus mampu memukau klien, membuat mereka merasa membutuhkan training kami sekaligus membangun kepercayaan mereka terhadap kami.

Tentu ini bukan hal mudah. Kadangkala kami harus melakukan beberapa pitching dengan klien yang berbeda, dan materi presentasi yang berbeda pula. Oleh karena itu, saya kemudian menulis artikel ini. Bagaimana menyiapkan materi presentasi sekaligus penyajian visualnya dengan cepat, efisien dan akurat. Sesuai judulnya, 5 langkah cepat membuat slide, disini saya akan menjelaskan bagaiman tips menyusun slide presentasi dengan cepat, tanpa membuang waktu, tanpa banyak dekorasi namun tetap efektif dan terlihat profesional. Sebagian tips ini merupakan hasil pengalaman kami di Kreasi Presentasi, dan sebagian lainnya saya kutip dari tulisan Andrew Childress dari Tutsplus.

Apa saja 5 langkah cepat membuat slide tersebut? Berikut penjelasannya:

1- Tentukan Kata Kunci Presentasi Anda

Step pertama dari 5 langkah cepat membuat slide adalah menentukan kata kunci presentasi Anda. Kata kunci ini merupakan ide pokok presentasi yang membuat alur pembicaraan Anda smooth dan mudah dipahami. Sekaligus tidak melebar kemana-mana. Usahakan kata kunci terdiri dari 3 hingga 5 poin utama. Sebagai contoh, di pelatihan Amazing Slide Infographic, ada 3 langkah menyusun infografis yaitu simpel, harmoni dan unik. Di buku 4 Cermin Flora, saya menulis 4 langkah menjadi pribadi terbaik, yaitu membina personalitas, mentalitas, moralitas, dan spiritualitas.

Ini adalah contoh kata kunci presentasi yang bisa membuat Anda tetap pada track performa presentasi yang benar. Sekaligus membantu membuat audiens mengingat konten presentasi Anda.

2- Konten Dulu baru Desain

Setelah mengetahui kata kunci, maka berikutnya saatnya Anda menyusun konten presentasi. Kata guru training saya Pak Jamil Azzaini, konten presentasi terdiri dari what, why dan how. What artinya apa tujuan presentasi Anda. Why, mengapa presentasi Anda penting untuk didengarkan. Dan How, langkah-langkah solutif yang Anda tawarkan.

Sebagai contoh, misal Anda presentasi tentang pentingnya investasi. Maka What berisi tentang fakta yang terjadi saat ini dimana manusia bukan hanya perlu active income tapi juga passive income. Active income dari bekerja. Sedangkan passive income dari aset yang dimiliki dan bisa menghasilkan. Misal, rumah yang dikontrakkan, mobil atau lahan yang disewakan. Inilah yang disebut investasi.

Why, berisi tentang mengapa passive income itu penting. Misal fakta inflasi atau penurunan mata uang yang luar biasa. Atau adanya Covid-19 yang memaksa kita menggunakan tabungan saat semua serba tidak pasti. Intinya meyakinkan audiens bahwa active dan passive income sama-sama penting. Bedanya, sebagian besar orang bisa melakukan active income, namun tidak mengetahui bagaimana cara mendapatkan passive income. Dan yang terakhir, how, berisi tentang langkah-langkah konkrit berinvestasi atau cara mendapatkan passive income. Inilah teknik menyusun konten presentasi dengan cepat.

3- Tampilkan Data Terbaru Paling Akurat

Setelah menyusun konten, Anda akan memerlukan data-data konkrit yang mendukung presentasi Anda. Misal di tema investasi di atas. Maka Anda memerlukan data inflasi, data PHK akibat Covid-19, data orang-orang kaya yang bukan hanya memiliki active income namun juga memiliki passive income. Data tersebut berlimpah dan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Akan tetapi pastikan data yang Anda ambil adalah data terbaru, sehingga audiens makin percaya dengan presentasi Anda.

4- Gunakan Powerpoint Design Ideas

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk kreatif dan cepat dalam mendesain slide presentasi. Oleh karena itu, saya menyarankan agar Anda menggunakan fasilitas Design Ideas dari Powerpoint. Fasilitas ini memudahkan Anda menemukan layout yang tepat untuk slide presentasi Anda.

5- Pakai Layout Slide yang Sudah Matang

Jika anda masih kesulitas menemukan ide desain, Anda bisa mendownload beberapa template slide Powerpoint gratis yang pernah saya tulis di artikel sebelumnya (klik). Atau Anda juga bisa membeli sejumlah template presentasi profesional di berbagai website yang menjual template tersebut. Salah satunya Anda bisa klik Amazing-Slide.com.

Nah, itulah 5 langkah cepat membuat slide presentasi, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  • Menjaga Konsistensi Agar Produktif - Kreasi Presentasi

    […] Anda. Oh ya, jika ingin menambah referensi terkait dunia PowerPoint, Anda bisa mencoba mendalami 5 langkah cepat membuat slide. Jika ingin belajar infografis langsung bersama Kreasi Presentasi, silakan menghubungi Bu Isti di […]

    Reply

Post a comment