BLOG

5 Kesalahan Dasar Slide Presentasi

Jika kita mempresentasikan materi dengan slide presentasi, ada baiknya artikel berikut Anda simak. Menurut buku Presentation Zen, 95% presentasi di dunia membosankan, salah satunya adalah karena tampilan slide presentasinya. Berikut saya akan mencoba menyampaikan 5 kesalahan dasar slide presentasi, sehingga kita tidak melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang. Mengapa saya perlu tunjukkan? Karena terkadang untuk mengoreksi diri, kita perlu melihat sendiri seperti apa kesalahan kita. Berikut adalah contoh kesalahan dasar slide presentasi:

SATU. Terlalu banyak teks.

Slide dengan teks yang melimpah

Tampilan slide presentasi adalah untuk audiens. Slide presentasi membantu audiens untuk memahami pesan yang Anda sampaikan. Slide presentasi bukan alat yang Anda gunakan untuk mengingat-ingat materi presentasi Anda, lalu dengan alasan takut lupa, Anda menempatkan semua teks di slide presentasi. Ingat, jika Anda menempatkan semuanya dalam slide dengan alasan semuanya penting, maka tak ada satupun yang penting dari presentasi Anda.

DUA. Perpaduan warna yang menyiksa.

aduh

Slide dengan perpaduan warna yang menyiksa

Slide itu tampilan visual, sama seperti televisi dan layar bioskop. Tentu yang diutamakan adalah perpaduan warna yang membuat mata nyaman. Slide dengan perpaduan warna yang buruk, selain tidak nyaman untuk mata, juga membuat audiens kesulitan membaca pesan Anda.

TIGA. Font yang susah dibaca.

Slide dengan font yang susah dibaca

Pengen presentasi yang artistik dan indah boleh-boleh saja, namun perhatikan juga audiens Anda. Pastikan mereka bisa membaca pesan Anda di slide. Font yang terlalu kecil atau terlalu besar adalah kesalahan dasar slide presentasi. Demikian pula font yang terlalu artistik dengan lengkungan disana-sini.

EMPAT. Terlalu banyak bullet point.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment