5 Hambatan Presentasi dan Solusinya

Minggu ini saya mendapat kesempatan untuk berbagi materi workshop infografis Amazing Slide MiniMAX di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Kementerian BUMN) Jakarta, 25 hingga 28 Juli 2016. Dalam pelatihan dua batch ini dibahas juga 5 hambatan presentasi dan solusinya. Hal ini menjadi perhatian penting kami, karena seringkali hambatan ini menjadi batu sandungan kesuksesan presentasi. Namun membahas hambatan saja tidak ada arti tanpa solusi. Maka dalam artikel ini izinkan saya membahas 5 hambatan presentasi dan solusinya. Apa sajakah hal itu? Berikut penjelasannya:

1- Gugup

Gugup atau nervous adalah hal pertama yang paling sering dijumpai saat presentasi. Kegugupan ini beragam sebabnya. Misal, presenter gugup karena strata sosial audiens lebih tinggi. Yang dimaksud lebih tinggi misalnya, memiliki jabatan yang lebih tinggi atau memiliki finansial yang lebih mapan. Salah satu solusi untuk hal ini adalah mengetahui lebih dalam tentang profil audiens, misalnya siapa saja mereka, apa latar belakang pendidikan mereka, hingga yang sepele seperti apa hobinya.

Tahukah Anda, kegugupan muncul karena kita merasa memiliki banyak perbedaan dengan audiens. Maka solusinya, minimalkan perbedaan, cari banyak persamaan. Jika sama-sama hobi nonton bola, maka bangunlah kedekatan dengan audiens dari sana. Jika sama-sama pernah keluar negeri, seperti Jepang misalnya, Anda bisa memulai materi presentasi dengan mengungkap aktifitas Anda di Jepang dan begitu gembiranya ketika bertemu dengan sesama orang Indonesia disana, lalu Anda melontarkan pertanyaan pada audiens tentang pengalaman mereka disana. Nah, dengan ini, kegugupan Anda pudar, suasana presentasi pun jadi hangat.

2- Tidak Menguasai Materi

Penguasaan materi sangat penting dalam presentasi. Apalagi jika profesi Anda bergantung dari presentasi, seperti trainer atau motivator. Jika Anda tahu penguasaan materi adalah hal vital, maka mau tidak mau Anda harus bekerja keras untuk menguasai materi. Bagaimanapun caranya. Sering berlatih, menghapal skrip presentasi, meminta penilaian orang lain yang ahli dan sebagainya. Dengan ini Anda akan makin dalam dalam penguasaan materi. Jangan lupa untuk terus menambah jam terbang presentasi dengan sering mengadakan event, baik seminar maupun pelatihan.

3- Blank Saat Presentasi

Banyak sebab seseorang bisa blank saat presentasi. Salah satunya adalah lupa dengan kelanjutan materi presentasi. Jika ini yang terjadi, pastikan persiapan presentasi Anda bisa berjalan selancar mungkin. Supaya persiapan presentasi Anda lancar, jangan ragu untuk membuat check list apa saja yang harus dilakukan lengkap dengan target waktu persiapannya, baik fisik kelengkapan presentasi, seperti laptop, pointer, modul pelatihan dan lain-lain, hingga persiapan fisik diri, seperti tidur lebih awal dan menjaga asupan gizi.

4- Durasi Presentasi Berubah

Jika kita sering menjadi nara sumber dalam sebuah event, durasi presentasi yang berubah bukanlah sebuah hal baru. Apalagi jika di waktu yang ditentukan untuk membuka acara, ternyata audiens belum datang, atau salah satu pejabat berwenang yang akan membuka acara belum sampai ke tempat presentasi. Presentasi Anda yang awalnya dua jam, terpangkas menjadi satu jam atau malah hanya sekitar 45 menit. Jika ini yang terjadi, maka Anda harus prepare dengan materi presentasi yang fleksibel. Pastikan materi presentasi Anda memiliki kata-kata kunci yang bisa dibahas dalam durasi pendek maupun panjang. Materi seminar Infografis Amazing Slide MiniMAX misalnya, memiliki 3 kata kunci yaitu simpel, harmoni dan unik. 3 kata kunci ini bisa dijelaskan sekaligus dalam presentasi dua hingga tiga jam, atau dalam durasi yang terpisah, misal 15 hingga 45 menit. Kata kunci akan menjamin jalannya presentasi Anda aman berapapun durasinya.

5- Audiens Tidak Memperhatikan

Ada beberapa penyebab audiens tidak memperhatikan Anda saat presentasi, dua diantaranya adalah Anda tidak memberikan kontrak aturan presentasi di awal, atau Anda langsung masuk materi presentasi tanpa pencairan suasana. Karena itu sangat penting untuk memberikan kontrak aturan presentasi di awal, seperti mensilent handphone, mengikuti presentasi hingga usai dan sebagainya. Dan juga penting untuk membangun keceriaan di awal presentasi, memberikan ice breaking atau joke yang mudah dimengerti akan mendekatkan audiens pada presentasi Anda.

Nah, itulah 5 hambatan presentasi dan solusinya. Semoga bermanfaat untuk performa Anda.

Salam Amazing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.