5 Fungsi Video dalam Powerpoint

Dalam presentasi terkadang kita menampilkan video untuk memperkuat konten materi yang kita sampaikan. Video mampu membuat audiens menaruh perhatian penuh ke layar slide, karena selain menampilkan gambar bergerak yang saling bersambung dan berkaitan, video juga memiliki audio sebagai pelengkapnya.

Akan tetapi ada juga presenter yang kurang mampu menarik perhatian audiens dengan video. Saya pernah mengikuti event presentasi yang dihadiri lebih dari 1000 orang, presenter menampilkan video dengan latar belakang gelap, hampir tak terlihat, bahasa Inggris dan subtitle bahasa Arab… hehe.. lengkap ga ngertinya. Ada pula presenter yang menampilkan video dengan durasi yang terlalu panjang, video yang tidak berkaitan dengan materi, maupun video yang audionya tidak terdengar. Nah, supaya kesalahan tersebut tidak lagi terjadi… sebelum kita memasukkan video ke dalam slide Powerpoint, kita harus tahu dulu 5 fungsi video dalam Powerpoint. Referensi yang saya pakai adalah buku Presentation Zen Design karya guru saya Garr Reynolds sensei.

Inilah 5 fungsi video dalam Powerpoint:

1- Untuk menunjukkan contoh sesungguhnya

Jika presentasi kita banyak mengandung istilah baru, asing atau tidak dimengerti audiens, maka video adalah salah satu solusi terbaik dalam menjelaskan istilah tersebut. Video akan menunjukkan contoh sebenarnya. Misal, Anda menampilkan presentasi dengan materi teknik pengambilan gambar dari udara, salah satunya dengan menggunakan drone. Mungkin ada beberapa audiens yang tidak mengerti apa itu drone, maka video tentang drone bisa Anda tampilkan untuk menunjukkan contoh sebenarnya.

Contoh Video tentang Drone

2- Menampilkan Testimoni atau Quote dengan lebih powerful

Testimoni atau quotes dari pakar, ahli atau orang ternama yang berhubungan dengan materi presentasi Anda, bisa meningkatkan kepercayaan audiens secara signifikan. Anda bisa menampilkan testimoni atau quotes dengan menggunakan gambar di dalam slide. Namun jika Anda bisa menampilkan video yang menunjukkan testimoni yang Anda maksud, tentu tingkat kepercayaan audiens akan meningkat berkali-kali lipat.

Contoh Testimoni Amazing Slide

3- Menampilkan demonstrasi

Dalam workshop Amazing Slide, saya dan tim selalu menyampaikan teknik dan cara mendesain slide berkelas dunia. Terkadang, ada saja audiens yang tidak bisa mengikuti step by step kita dalam mendesain. Nah, disini video bisa dijadikan alternatif untuk mengulang kembali demonstrasi step by step desain slide. Anda pun bisa menggunakannya dalam presentasi terutama yang berisi tentang teknik, step by step atau how to.

4- Menampilkan perubahan

Perubahan atau before after merupakan salah satu teknik materi presentasi terbaik untuk memotivasi audiens. Anda bisa menunjukkan audiens video sebelum seseorang menggunakan produk Anda dan setelah memakai produk. Perubahan akan mendorong audiens untuk mengikuti dan membenarkan Anda. Akan lebih berpengaruh ketika perubahan ditampilkan melalui video.

5- Menampilkan story hingga ke dalam hati

Film-film terbaik dunia selalu mengedepankan kisah atau story dalam memikat audiens. Anda pun bisa menampilkan story atau kisah dalam video Powerpoint untuk memperkuat materi presentasi Anda.

Video Story Hee Ah Lee

Nah, inilah 5 fungsi video dalam slide Powerpoint. Selain fungsi di atas Anda harus memperhatikan durasi video. Waktu paling lama untuk pemutaran video, jangan pernah lebih dari 3 menit. Di sisi lain, pastikan bahasa yang digunakan dalam video bisa dimengerti oleh audiens. Jika menggunakan bahasa asing, Anda bisa mendubbing-nya terlebih dahulu atau Anda bisa menggunakan subtitle bahasa Indonesia.

Materi video juga akan kita bahas di workshop Amazing Slide 19-20 November 2016. Anda bisa mengetahui detailnya di flyer berikut, dan silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 untuk penawaran istimewanya.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.