BLOG

4 Tipe Teknik Presentasi

Bagi Anda yang seringkali menyampaikan presentasi, artikel berikut sangat penting untuk Anda. Referensi artikel ini saya Ambil dari buku Show and Tell karya Dan Roam, seorang presenter kelas dunia dan pencetus Napkin Theory. Dalam buku tersebut, Dan Roam menjelaskan bahwa presentasi yang baik berupa story telling. Bercerita atau berkisah. Jika kita presentasi tentang produk, maka kita ceritakan latar belakang produk tersebut dibuat. Bila kita presentasi tentang properti, maka kita berkisah tentang cerahnya bisnis properti dari tahun ke tahun. Menurut Dan Roam, story telling mungkin saja berbeda tema, namun secara umum story telling yang bagus mempunyai dua ciri, yaitu memiliki awal dan akhir yang jelas, serta bagian akhir selalu lebih baik dari bagian awal.

Untuk merangkai story telling yang bagus, berikut adalah 4 tipe teknik presentasi yang bisa digunakan sebagai pola presentasi, yaitu

THE REPORT

Presentasi dengan teknik reporting memberikan informasi tentang data, fakta maupun hasil sebuah riset. Teknik reporting yang bagus mampu memberikan nyawa pada data. Membuat data yang abstrak menjadi hidup. Misal, seorang presenter yang mengatakan “Kapasitas hardisk dalam komputer ini 1 tera.” akan terkesan abstrak dan sulit dicerna audiens. Berbeda dengan presenter yang mengatakan, “Kapasitas hardisk dalam komputer ini bisa menyimpan 10 juta lagu.” Tentu ini lebih mudah dibayangkan. Reporting bukan sekedar memberikan informasi, namun juga meyakinkan audiens bahwa informasi yang kita berikan kepada mereka valid dan benar adanya. Artinya teknik reporting yang hebat adalah mampu menjadikan data sebagai inspirasi dan mudah diingat.

THE EXPLANATION

Explanation atau penjelasan menambah pengetahuan dan kemampuan audiens. Explanation lebih menenkankan pada “How To”. Workshop Amazing Slide Presentation adalah salah satu materi presentasi yang menggunakan teknik ini. Dalam workshop tersebut, audiens belajar step by step mendesain slide presentasi yang setara dengan pembicara kelas dunia. Teknik Explanation yang bagus akan membawa pengetahuan audiens ke level berikutnya.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment