BLOG

4 Tipe Animasi dalam Powerpoint

Powerpoint memiliki fasilitas yang luar biasa untuk membantu presentasi kita. Salah satunya adalah animasi untuk teks, image maupun shape di dalam slide. Sayangnya, ada sebagian orang yang belum bijak dalam menggunakan animasi dalam slide Powerpoint. Tak jarang hampir semua bagian slide dianimasikan. Tentu ini berpengaruh dalam profesionalitas slide maupun penampilan presentasinya. Nah, dalam artikel ini, saya akan mengenalkan 4 tipe animasi dalam powerpoint dan cara penggunaannya secara bijak. Apa sajakah 4 tipe animasi dalam powerpoint tersebut? Berikut penjelasannya:

Jenis animasi dalam Powerpoint

1- ENTRANCE (ANIMASI MASUK)

Pada gambar di atas, entrance atau animasi masuk disimbolkan dengan icon berwarna hijau. Tujuan animasi entrance adalah memandu mata audiens untuk mengikuti presentasi Anda dengan lebih mudah. Tidak perlu semua variabel di dalam slide Anda diberi animasi entrance. Cukup bagian teks, gambar atau shape yang kira-kira perlu untuk dijelaskan satu per satu kepada audiens. Ada beberapa animasi entrance yang menurut saya cukup baik untuk memandu mata audiens, yaitu fade: animasi masuk ke dalam slide dengan halus; fly in: memandu mata audiens untuk mengetahui arah datangnya variabel dalam slide; dan wipe: memudahkan audiens untuk membaca alur slide presentasi.

2- EMPHASIS (ANIMASI DI TEMPAT)

Animasi kedua adalah emphasis atau animasi di tempat. Di bagian animasi Powerpoint, icon emphasis disimbolkan dengan warna kuning.  Emphasis digunakan untuk mempertegas bagian yang penting di dalam slide, entah itu teks, image ataupun shapes. Dua animasi emphasis yang saya rekomendasikan untuk Anda, yaitu grow-shrink: memperbesar variabel slide yang ingin difokuskan dan fill color: untuk mempertegas / memfokuskan istilah penting dalam sebuah teks di dalam slide.

3- EXIT (ANIMASI KELUAR)

Selanjutnya ada exit atau animasi yang membantu variabel di dalam slide untuk keluar dari tampilan slide Powerpoint. Simbol iconnya, berwarna merah. Animasi exit ditambahkan di dalam slide jika kita merasa ada variabel yang harus dihilangkan di dalam slide. Seperti halnya entrance, ada tiga animasi exit yang saya rekomendasikan untuk Anda, yaitu fade out, fly out dan wipe out.

4- MOTION PATH (ANIMASI PERGERAKAN)

Animasi terakhir dari 4 tipe animasi dalam slide Powerpoint adalah motion path. Dibanding 3 jenis animasi sebelumnya, animasi motion path termasuk jarang digunakan.

Animasi motion path dan penggunaannya.

Animasi ini digunakan untuk menggerakkan teks, shape maupun image di dalam slide, seperti halnya gambar di atas ini. Saya merekomendasikan Anda memakai custom path dan menggambar sendiri motion path sesuai keinginan Anda.

Nah, inilah 4 tipe animasi dalam slide powerpoint, semoga bermanfaat untuk presentasi Anda.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment