BLOG

4 Teknik Storytelling Memukau

Kita tahu bahwa storytelling adalah salah satu metode presentasi terbaik dari masa ke masa. Tahukah Anda, ternyata ada bermacam-macam teknik storytelling. Layaknya alur sebuah novel yang memiliki berbagai gaya penyampaian, storytelling pun demikian. Nah, di artikel ini saya akan mengungkap 4 teknik storytelling memukau yang sudah terbukti di dunia internasional. Rangkuman ini saya ambil dari artikel menarik di blog Sparkol. Apa sajakah 4 teknik storytelling memukau tersebut? Berikut penjelasannya:

1-Monomyth

Monomyth bisa disebut sebagai presentasi hero’s journey. Monomyth adalah teknik presentasi storytelling yang menceritakan perjalanan hidup seseorang, bisa pembicara, bisa juga orang lain yang mengalami berbagai hal, mulai dari tempat yang di tahu, hingga tempat yang dia tidak sadari keberadaannya, dan di dalamnya dia mengalami banyak hal seperti pengalaman spiritual, menantang, menegangkan dan sebagainya, hingga mencapai titik tertentu. Teknik ini hebat untuk mendapatkan perhatian audiens dan menginspirasinya. Contoh film yang menceritakan tentang Monomyth adalah Batman Begins dan Jobs.

2-Sparklines

Teknik storytelling yang kedua ini dipopulerkan oleh Nancy Duarte di bukunya Resonate. Teknik sparklines menjelaskan bahwa presentasi storytelling yang bagus adalah yang menjelaskan adanya perbedaan antara apa yang ada sekarang dan bagaimana seharusnya serta langkah meraihnya. Teknik ini bagus untuk mempromosikan produk tertentu atau mendapatkan dukungan dari audiens. Contoh presentasi storytelling bertipe sparklines adalah penyampaian Steve Jobs di launching iPhone tahun 2007.

[embedplusvideo height=”390″ width=”640″ editlink=”http://bit.ly/1G89IUQ” standard=”http://www.youtube.com/v/vN4U5FqrOdQ?fs=1″ vars=”ytid=vN4U5FqrOdQ&width=640&height=390&start=&stop=&rs=w&hd=0&autoplay=0&react=1&chapters=&notes=” id=”ep4109″ /]

3-False Start

Pengalaman adalah guru terbaik. Itulah inti presentasi false start. Teknik storytelling yang menjelaskan kesalahan-kesalahan yang dilakukan presenter atau seseorang pada awalnya, lalu berusaha dengan susah payah untuk memperbaikinya. Teknik ini bagus untuk mengubah mindset audiens. Saya menggunakan hal yang sama untuk presentasi Amazing Slide Presentation. Mengungkapkan kesalahan-kesalahan dalam membuat slide yang dulu pernah saya lakukan, lalu mencoba memperbaikinya dengan susah payah belajar desain slide hingga ke negeri sakura.

[embedplusvideo height=”390″ width=”640″ editlink=”http://bit.ly/1G8boxE” standard=”http://www.youtube.com/v/d-2s-QJo57U?fs=1″ vars=”ytid=d-2s-QJo57U&width=640&height=390&start=&stop=&rs=w&hd=0&autoplay=0&react=1&chapters=&notes=” id=”ep3826″ /]

4-The mountain

Teknik presentasi storytelling inilah yang seringkali kita lihat dan dengar, bahkan bisa kita amati di film-film. Diawali dengan perkenalan karakter, awal terjadinya konflik, klimaks dan solusi yang diambil. The mountain tidak selalu memerlukan happy ending, meski mungkin audiens mengharapkannya. The mountain bagus untuk mendeskripsikan produk atau biografi seseorang sehingga audiens mengenalnya lebih dalam.

Nah, itulah 4 teknik storytelling memukau yang bisa menjadi pilihan penyampaian presentasi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Oya, selama 2 minggu ke depan 24 Februari 2015 hingga 7 Maret 2015, saya akan ke Indonesia untuk inhouse Amazing Slide Presentation dengan sejumlah perusahaan serta workshop publik Amazing Slide for Mac (Keynote) di Grand Sahid Hotel Jakarta pada 1 Maret. Bagi yang mau bergabung, silakan daftar ke Mbak Satyawati 0857 3333 0407.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment