BLOG

4 Rahasia Desain Teks

Mengatur teks atau font di dalam slide presentasi akan memudahkan Anda dalam menyampaikan pesan, sekaligus mempermudah audiens membaca kalimat di dalam slide Anda. Ada 4 rahasia desain teks yang akan saya share pada artikel ini, yang akan memberikan nuansa clear dan beauty dalam slide presentasi Anda. Apa saja 4 rahasia desain teks tersebut? Berikut 2 tips penjelasan yang saya kutip dari tulisan desainer Australia Mery Stribley dan 2 tips lainnya yang saya rangkum dari workshop Amazing Slide Presentation:

1- Atur proporsi tulisan sehingga nyaman dibaca.

Untuk menempatkan tulisan di dalam slide, sebaiknya kita memperhatikan panjang dan lebar slide kita. Pastikan ukuran kalimat di dalam slide Anda proporsional dalam penempatan. Jangan terlalu pendek, maupun terlalu panjang. Tulisan yang terlalu pendek akan terkesan padat, karena paragraf akan memanjang ke bawah. Dan tulisan yang terlalu panjang ke samping akan terkesan sulit dibaca, karena garis horizon yang diamati audiens terlalu lebar untuk ditangkap sekali panjang. Berikut contoh yang saya ambil dari Canva.

2- Pastikan ukuran space tiap-tiap kata benar dan konsisten.

Spasi atau ruang kosong diantara kata sangat membantu audiens untuk mengidentifikasi kata per kata dalam slide. Untuk mendapatkan spasi yang benar dan konsisten, cobalah menggunakan panduan lebar dari huruf “i”. Panduan ini akan sangat membantu Anda menemukan spasi yang sesuai di antara kata maupun kalimat.

3- Gunakan warna kontras, bukan komplemen.

Antara teks dan background slide sebaiknya kita menggunakan warna yang kontras. Warna kontras adalah warna yang mudah dibedakan, biasanya diindikasikan dengan gelap dan terang. Misalnya background biru tua, dengan tulisan putih. Atau background kuning muda dengan tulisan hitam. Warna kontras bukan warna komplemen. Warna komplemen adalah warna yang 180 derajat berlawanan di dalam roda warna. Warna komplemen tidak cocok untuk dimasukkan di dalam slide bersamaan. karena warna komplemen sangat menyiksa mata. Berikut roda warna dan warna komplemennya:

4- Gunakan garis bantu atau gridlines untuk penempatan teks.

Tips ke-4 untuk 4 rahasia desain teks adalah menggunakan garis bantu. Gridlines mungkin dianggap sepele dalam penempatan satu atau dua kata di dalam slide, padahal garis bantu sangat bermanfaat untuk menempatkan teks dalam jumlah banyak. Garis bantu atau grid sangat berperan untuk memandu mata audiens sehingga tampilan slide tampak serasi dan harmoni. Berikut contoh gridlines atau garis bantu:

Nah, itulah 4 rahasia desain teks di dalam slide presentasi. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda. Jika ingin memperdalam skill desain slide untuk mempertajam presentasi, silakan ikuti workshop Amazing Slide Presentation batch-24 di Hotel Mercure, Darmo Surabaya 29 & 30 September 2015 dengan menghubungi 0857 3333 0407 atau Whats App 08123 576 3366.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment