3 Tips Presentasi Berpengaruh

Hari ini saya akan berbagi tentang 3 tips presentasi berpengaruh yang sebagian saya kutip dari buku “Illuminate” karya Nancy Duarte dan Patti Sanchez. 3 tips presentasi berpengaruh ini akan menjelaskan secara global bagaimana rundown presentasi kita supaya memukau audiens meskipun dalam waktu singkat. Artinya, tips yang saya sampaikan merupakan step by step yang harus Anda lalui untuk membawa pola pikir audiens sehingga meyakini apa yang Anda presentasikan. Ingat ya, ini step by step, Anda harus mengikutinya satu per satu, tidak bisa melompat langsung menuju step kedua tanpa melewati step pertama. Apa saja 3 tips presentasi berpengaruh menurut Nancy Duarte? Berikut tipsnya:

1.Awal Presentasi: What is (Apa yang terjadi saat ini)

Presenter wajib mengawali presentasi dengan menyamakan frekuensi. Khususnya dengan audiens. Samakan frekuensi Anda dengan menceritakan apa yang terjadi saat ini. Contohkan realita yang ada. Di sisi lain, perubahan pasti terjadi. Berikan informasi apa yang terjadi ketika dunia berubah sedangkan kita tetap stagnan.

Sebagai contoh, saya mengawali presentasi infografis dengan menyampaikan quote dari Mitchell Kapor, “Tahukah Anda, di era sosial media saat ini, informasi datang bertubi-tubi setiap detiknya. Kita harus menerima, tepatnya, kita dipaksa menerima. Padahal kemampuan filtering informasi manusia terbatas. Menurut Mitchell Kapor, “Menyerap informasi dari internet, ibarat meminum air dari hidran.” Tak sebanding, tak akan mampu kita menerima semua informasi sekaligus. Jika kita memaksakan, kita akan dengan mudah memutuskan, menghakimi, atau memvonis sesuatu. Pikiran kita tak lagi obyektif. Tak lagi logis. Oleh karena itu, saatnya kita berubah. Mencoba menyaring informasi dengan benar dan secukupnya.

2. Tengah Presentasi: What Could be (Apa yang terjadi di masa depan)

Presenter adalah pemimpin audiens saat presentasi. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu membawa audiens melihat masa depan lebih jelas. Maka, tips kedua dari 3 tips presentasi berpengaruh adalah membawa audiens untuk melihat masa depan. Apa yang terjadi di masa depan, dan apa saja perbedaan nyata dengan saat ini. Ini diperlukan sehingga audiens merasa perlu untuk berubah, bergerak dan memperbaiki diri.

Sebagai contoh, berikut adalah presentasi Christine Lagarde managing director IMF, ketika presentasi di Davos tahun 2013. Kutipan berikut menjelaskan tentang What Could be kepada audiens:

Jadi bagaimana cara kita untuk membawa perusahaan ini menuju masa depan? Tidak ada jawaban yang mudah. Jawaban yang benar adalah cara memulainya. Saya berpikir, kita harus memulainya dengan (memperbanyak) generasi baru, karena dunia makin sempit, saling terhubung daripada sebelumnya. Generasi baru ini berpikir dengan cara yang berbeda…, lebih cepat, setara dan mampu mengglobal dengan sosial media. Mungkin dengan ini kita bisa mempercepat sukses di masa depan.

3. Akhir presentasi: A New Bliss (Bagaimana langkah untuk menghadapi masa depan).

Di akhir presentasi, sebaiknya presenter bukan hanya berhenti pada tahap What Could Be…, namun berlanjut dengan memberikan alternatif langkah konkrit untuk bisa meraih masa depan. Menghilangkan gap antara saat ini dengan masa mendatang. Dengan ini audiens mengerti bahwa langkah dari presenter bisa dipakai untuk meningkatkan kapasitas diri menyongsong a new bliss.

Berikut contoh a new bliss dari Akio Toyoda, cucu dari pendiri Toyota, saat presentasi auto recall sbagian besar produk Toyota di Amerika tahun 2010. “Ketika mobil kami mengalami kerusakan, (kerusakan) itu ibarat terjadi pada diri saya sendiri. Maka Anda boleh memegang komitmen saya, bahwa Toyota akan bekerja jauh lebih keras dan tidak akan pernah berhenti (hingga mencapai kesempurnaan) untuk mengembalikan kepercayaan kustomer kami.

Nah, itulah 3 tips presentasi berpengaruh yang saya rangkum untuk Anda lengkap dengan contoh narasi presentasinya. Semoga bermanfaat. Dan untuk melejitkan skill slide presentasi Anda, saya menyarankan Anda untuk ikut Workshop Desain Slide Profesional Amazing Slide Presentation batch 31, 19-20 November 2016. Silakan menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.