3 Langkah Amazing Slide

Bagi Anda yang pernah membaca buku Amazing Slide MiniMAX atau mengikuti salah satu workshop saya, baik workshop slide profesional Slid-ex™ Amazing Slide Presentation atau workshop infografis Slid-ex™ Amazing Slide Infographic, pasti Anda mengetahui apa 3 langkah Amazing Slide yang selama ini saya dan tim Kreasi Presentasi terapkan untuk membuat slide presentasi yang memukau. 3 langkah Amazing Slide ini selalu kami terapkan di setiap pelatihan dan seminar. Bahkan 3 langkah ini telah mampu mencerahkan ribuan orang untuk memperbaiki visual presentasi mereka.

3 langkah Amazing Slide ini menunjukkan step by step konkrit untuk me-make over slide presentasi Anda secara total dan tuntas. 3 langkah Amazing Slide ini saya sebut juga dengan 3-Si. Nah, apa saja 3 langkah Amazing Slide ini? Berikut penjelasannya.

1- REDUKSI

Untuk membuat slide yang Amazing, langkah pertama adalah membaca artikel atau naskah yang ingin Anda susun menjadi slide presentasi, lalu kemudian mereduksi hal-hal yang kurang perlu ditampilkan di dalam slide presentasi. Ini bukti Anda fokus pada konten slide terlebih dahulu. Fokus menunjukkan hal-hal yang penting dalam isi presentasi dahulu daripada sibuk mendesainnya. Konten dan desain sama-sama penting, hanya saja konten lebih dulu dipikirkan, baru kemudian desain.

Mereduksi artinya mengurangi. Mereduksi artinya menghilangkan kata-kata yang kurang perlu ditampilkan di dalam slide. Mereduksi juga berarti mencari kata kunci yang penting dan harus ditunjukkan dalam slide sehingga audiens dengan mudah menangkap makna presentasi kita.

Apa saja yang harus direduksi? Saya berpendapat, kata-kata yang harus direduksi adalah kata-kata penghubung antar kalimat yang seringkali terlalu panjang, misal “yang kemudian daripada itu..” Reduksi juga mengatur kalimat yang diawali dengan kata hubung dan menjadikannya sebagai kalimat positif, misalnya “Oleh karena itu diperlukan pendekatan yang baik untuk mendamaikan dua golongan yang berseteru.” Jika direduksi menjadi, “Pendekatan yang baik diperlukan untuk mendamaikan dua golongan yang berseteru.” Berikut adalah contoh sederhana dari reduksi:

2- ORGANISASI

Setelah Anda mereduksi, saatnya Anda mengorganisasi slide presentasi Anda. Mengorganisasi artinya membuat sketsa sederhana dari desain slide presentasi, lalu menentukan dimana posisi judul, subjudul, isi slide presentasi hingga gambar yang nanti akan dipakai. Anda bisa menggunakan kertas kosong sambil memikirkan bagaimana desainnya nanti. Organisasi perlu untuk memudahkan audiens membaca konten slide presentasi. Organisasi juga penting dalam menampilkan profesionalisme slide presentasi Anda. Organisasi akan mempersingkat waktu desain slide Anda. Membuat Anda fokus menyelesaikan slide, daripada fokus mencari gambar atau font yang belum pasti.

Sketsa yang Anda buat tidak perlu detail, yang penting Anda tahu apa maksudnya. Dengan sketsa, Anda akan dengan mudah menentukan penempatan teks dan gambar, font apa yang akan dipilih, hingga animasi yang bisa membantu penyampaian slide presentasi Anda. Ada yang menyebut proses organisasi ini dengan wireframe slide presentasi. Berikut adalah contohnya:

3- OPTIMASI

Langkah terakhir dari 3 langkah Amazing Slide adalah optimasi. Di langkah inilah Anda mulai membuka laptop, mencari gambar yang sesuai, font yang pas serta pengaturan yang harmoni di dalam slide presentasi. Bisa dibilang langkah optimasi adalah tahapan terakhir dari proses desain slide.

Seringkali kita langsung melakukan tahap ketiga ini ketika harus membuat slide, sebelum melalui tahap-1 REDUKSI dan tahap-2 ORGANISASI. Akibatnya, kita lama dalam membuat slide presentasi, sekaligus hasilnya kurang optimal. Berikut adalah salah satu contoh hasil optimasi slide presentasi:

Bila Anda ingin sama-sama belajar menyusun slide presentasi dengan cepat, benar dan hasil yang berkelas dunia, Anda pun bisa mengikuti Workshop Slid-ex™ Amazing Slide dengan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407. Supaya Anda bisa langsung menerima teori sekaligus berlatih bagaimana visualisasi slide presentasi dan infografis yang cepat dan benar.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam membuat slide presentasi jauh lebih cepat dan optimal.

Salam Amazing.

Workshop bersama Kantor Pusat Dirjen Pajak, Jakarta kerja bareng Kreasi Presentasi & Izzana Bangun Negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.