BLOG

3 Aturan Dasar Presentasi

Dalam buku “Show and Tell”, Dan Roam menjelaskan 3 aturan dasar presentasi. Aturan ini sangat sederhana, namun jika kita mempraktikkannya dalam setiap presentasi, dia menjamin kita mampu menghadirkan presentasi yang tak ada duanya, selalu diingat dan outstanding. Apa saja 3 aturan dasar presentasi tersebut? Berikut penjelasannya:

1- Hadirkan kebenaran

Ketika kita menyampaikan kebenaran di setiap presentasi, hal-hal yang luar biasa akan timbul. Diantaranya kita bisa terhubung dengan hati audiens, presentasi kita kian bersemangat dan kita akan menemukan kepercayaan diri yang tinggi, jauh dari sebelumnya. Sebaliknya, jika kita menampilkan presentasi dengan ide yang tak orisinil, mengkopi paste presentasi orang lain kemudian mengatasnamakan diri sendiri, tentu hal ini tidak bijak. Agama juga memberi nasihat, bahwa jika seseorang melakukan satu kebohongan, akan timbul kebohongan berikutnya. Nah, oleh karena itu, mulai sekarang munculkanlah ide orisinil Anda. Tampilkan kebenaran di setiap presentasi, dengan ini apa yang kita ucapkan akan seiring dengan hati.

2- Sajikan kisah

Setiap orang suka cerita, apalagi bercerita tentang dirinya sendiri. Coba saja ketika kita bertemu dengan orang lain, apa yang kita sampaikan? Rata-rata kita akan menyampaikan kisah atau cerita baik tentang diri sendiri maupun orang lain. Sama halnya dengan presentasi. Jika dalam presentasi hanya berisi tentang retorika, logika, definisi dan segala hal yang abstrak, tentu presentasi akan sangat membosankan. Cobalah mengubah mindset. Hadirkan kisah. Misal, setiap kali saya menyampaikan Amazing Slide, saya mencoba menyampaikan kisah dibalik workshop ini, siapa saja yang membantu saya, hingga perjalanan saya ke negeri sakura. Demikian pula dengan penyampaian data, saya mencoba memberikan “nyawa” pada data dengan berbagi ilmu dalam workshop infografis dan visual marketing. Kisah atau story akan membuat presentasi Anda kian hidup.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment