10 Tips Presentasi yang Memalukan

Biasanya artikel di web saya bercerita tentang tips presentasi dan slide yang memukau audiens. Namun kali ini saya akan mencoba sharing sebaliknya. Saya akan berbagi 10 tips presentasi yang memalukan dengan berharap kita bisa mengambil pelajaran dan menghindarinya. 10 tips presentasi yang memalukan ini saya ambil dari Thought and Co dengan sedikit modifikasi contoh dari pengalaman saya di dunia training. Berikut 10 tips presentasi yang memalukan sehingga sehingga bisa kita hindari:

1- Peralatan Presentasi tidak Berfungsi Optimal

Memastikan peralatan presentasi bekerja dengan baik adalah tugas presenter. Akan sangat memalukan jika proyektor tidak mau terhubung dengan komputer, pointer tidak berfungsi ataupun audio video tidak bisa dimainkan. Oleh karena itu pastikan Anda datang lebih awal untuk memastikan semua perlengkapan bekerja dengan optimal.

2- Informasi Presentasi terlalu Banyak

10 tips presentasi yang memalukan berikutnya adalah terlalu banyak informasi yang disampaikan. Misalnya, tema presentasi dengan judul “36 Langkah Memajukan Tim dalam Perusahaan”. Ini adalah tema yang terlalu banyak untuk satu presentasi. Idealnya inti presentasi maksimal 7 item dalam satu waktu presentasi sehingga audiens mudah mengingatnya.

3- Tidak Fokus

Pembahasan dalam presentasi yang tidak fokus akan menghabiskan banyak waktu. pastikan presentasi kita di jalur yang benar. Tentukan tema, lalu tulis rundown penyampaian Anda supaya presentasi kita efektif.

4- Membaca Langsung dari Layar Proyektor

Salah satu ciri khas presenter yang tidak menguasai materi presentasi adalah membaca langsung dari proyektor. Upayakan kita berlatih terlebih dulu sebelum menyampaikan presentasi, supaya kita tidak terlalu banyak menengok slide dan membacanya.

5- Menampilkan Gambar yang Tidak Berhubungan

Carilah gambar yang berhubungan dengan konten slide presentasi. Usul saya, berlangganan lah di stockphoto atau mengambil gambar dari website gratis dengan lisensi gambar royalti free. Jika memang tidak ada gambar yang Anda inginkan, tampilkan saja slide apa adanya, tanpa gambar pun tidak masalah.

6- Font di Slide Presentasi terlalu Kecil

Tampilan slide degan huruf yang terlalu kecil akan sangat menyiksa audiens khususnya yang duduk di kursi belakang. Font yang terlalu kecil biasanya terjadi karena konten slide presentasi terlalu penuh dengan tulisan. Reduksilah dulu kata-kata yang kurang efektif, kata hubung dan kalimat yang bukan inti penyampaian presentasi, dengan demikian ukuran font bisa diperbesar.

Konten yang terlalu banyak, membuat ukuran font sangat kecil dan tak terbaca.

7- Menggunakan Template yang tidak Sesuai

Anda boleh saja menggunakan template untuk menyeragamkan tampilan slide presentasi, namun pastikan template Anda berhubungan dengan konten.

8- Slide yang terlalu Banyak

Slide yang terlalu banyak membuat Anda tidak bisa mengontrol alur presentasi dengan baik, apalagi jika waktu presentasi Anda terbatas. Andai Anda memiliki waktu untuk memperbaiki slide, tampilkan slide rpesentasi yang penting saja.

9- Kehilangan Konten dengan Animasi

10 tips presentasi yang memalukan berikutnya adalah terlalu banyak animasi sehingga audiens malah kehilangan inti materi rpesentasi Anda. Animasi maupun transisi adalah pelengkap presentasi, bukan dekorasi slide presentasi. Semisal menampilkan diagram satu per satu adalah pelengkap slide presentasi.  Meski demikian Anda pun harus menguasai teknik penyampaian diagram. Jika ingin mengetahui tekniknya, Anda bisa mengikuti Workshop Infografis, Amazing Slide Infographic yang membahas visualisasi data. Silakan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407.

10- Menggunakan Kombinasi Warna yang Salah

Kombinasi warna yang salah bisa membuat audiens susah membaca slide presentasi Anda, semisal Anda menggunakan slide dengan latar belakang hijau dan tulisan berwarna merah. Ini adalah perpaduan warna yang terlalu kontras hingga menyakitkan mata. Pastikan warna Anda sejuk dan nyaman di mata audiens. Untuk membantu Anda menentukan warna yang pas, Anda bisa mengikuti Roadshow workshop Amazing Slide Presentation di 7 kota. Silakan hubungi Ayu di 08123 271 6030 atau klik link di gambar berikut untuk pendaftaran online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.