10 Tips Presentasi oleh Garr Reynolds

Saya termasuk orang yang percaya bahwa pelajaran terbaik bisa kita ambil dari orang yang telah mengalami problem yang hampir sama namun dengan keuletan dirinya bisa menyelesaikan masalahnya. Orang seperti ini disebut sebagai praktisi. Orang yang berani menghadapi, terus belajar dan terjun langsung di dalamnya. Demikian juga dalam presentasi, jika mau hebat dalam presentasi, belajarlah dari praktisinya. Salah satu praktisi yang selalu saya jadikan rujukan adalah Garr Reynolds, guru di Jepang tempat saya belajar ilmu presentasi dan desain slide. Berikut adalah 10 tips presentasi oleh Garr Reynolds yang saya bahasakan dengan kalimat saya sendiri. Semoga 10 tips presentasi oleh Garr Reynolds ini bisa membantu melejitkan presentasi Anda:

1- Tunjukkan Antusiasme

Energi presenter akan berdampak pada penerimaan audiens. Jika Anda ingin audiens bersemangat, tunjukkan antusiasme di hadapan mereka. Berjalan dengan semangat, menyapa audiens dengan atraktif, ini adalah contoh antusiasme yang berdampak pada semangat audiens juga.

2- Awali dengan Hebat

Mengawali presentasi dengan hebat berarti menjawab pertanyaan dasar dari audiens, “Mengapa saya harus mendengarkan presentasi Anda?” Mengawali presentasi dengan hebat bisa dengan beberapa alternatif, misalnya mengatakan tujuan presentasi, bahwa presentasi Anda bisa menjawab hampir seluruh problem audiens tentang hutang dan keuangan. Dengan alasan yang hebat, audiens akan antusias mendengar Anda.

3- Presentasi Singkat Saja

Dalam buku Talk Like TED, Carmine Gallo mengatakan bahwa hasil riset rata-rata konsentrasi audiens saat Anda presentasi adalah 18 menit. Oleh karena itu, jika Anda pernah lihat presentasi para expert TEDx di Youtube, maksimal presentasi mereka adalah 20 menit. Hal ini juga saya lakukan di workshop Amazing Slide, baik slide profesional maupun infografis. Presentasi baerupa dasar-dasar dari slide presentasi dan infografis, maksimal 20 menit, sisanya saya gunakan bersama peserta untuk berlatih.

4- Menjauh dari Podium

Podium membuat jarak antara Anda dan audiens. Guy Kawasaki mengatakan bahwa untuk presentasi, Anda sebaiknya bertindak seperti teman pada audiens Anda. preentasi yang baik selain menyentuh logika juga menyentuh hati dan emosi audiens. Dan itu bisa Anda lakukan dengan menjauh dari podium.

5- Gunakan Remote Control

Di sebuah seminar saya pernah sangat terganggu dengan penampilan seorang presenter yang tidak menggunakan remote control. Dirinya seringkali mengatakan next kepada operator. Saat sang operator terlalu cepat atau terlalu lambat menjalankan slide, dirinya seringkali menyinggung operator. Hati saya bergumam, “Kok presenternya gitu…” Bagi saya, presentasi yang materinya bagus bisa jadi tidak masuk ke benak audiens ketika audiens membandingkan materi dengan attitude pembicara. Maka, usahakan kita membawa remote control atau pointer saat presentasi sehingga kita bisa mengontrol durasi slide presentasi.

6- Gunakan Tombol “B”

Jika Anda tampil di depan, lalu menyampaikan hal yang sangat penting, tekan huruf “B” di keyboard. “B” adalah inisial untuk blank, atau layar hitam dalam slide. Ketika layar slide berwarna hitam, audiens akan kembali konsentrasi pada performa Anda. Sebaliknya, saat Anda menampilkan materi dan data dalam slide presentasi, tampilkan secara menarik, sehingga audiens mau membaca dan memahaminya. Untuk teknik menampilkan slide presentasi yang menarik dan data yang ringan, Anda bisa mengikuti Amazing Slide Presentation, pelatihan slide presentasi profesional bareng tim saya. Oya.. mulai Oktober hingga Desember 2017, ada Amazing Slide Roadshow di 6 kota Indonesia. Daftar dengan mengklik flyer di bawah ini:

7- Kontak Mata itu Penting

Kita berikutnya dari 10 tips presentasi oleh Garr reynolds adalah selalu mengadakan kontak mata dengan nyaman pada audiens. Ini adalah bukti kepeduliaan Anda pada mereka.

8- Biarkan Lampu Menyala

Ada kalanya panggung diredupkan untuk memperjelas slide presentasi Anda. Ini boleh-boleh saja, seperlunya. namun jika tempat presentasi Anda selalu redup dan slide presentasi lebih dominan dibanding performa Anda, ini juga kurang baik. Seimbangkan antara media dan performa. Ini membuat tampilan presentasi Anda tak terlupakan.

9- Gunakan Layar Kecil untuk Presentasi Grup

Jangan ragu untuk menggunakan banyak layar saat Anda harus presentasi di depan banyak orang. Ini pernah saya lakukan di Hotel Kempinski saat workshop Amazing Slide Infographic bareng Bank Indonesia. Banyaknya layar memudahkan audiens membaca pesan dalam slide presentasi Anda. Apalagi jika audiens Anda posisi duduknya jauh dari presenter.

10- Ingin Tahu, Profesional & Berterima Kasih

Jika audiens bertanya, maka tunjukkan tabiat ini. Selalu ingin tahu, menjawab dengan profesional dan berterima kasih atas pertanyaan audiens. Respek pada pertanyaan mereka, dengan demikian audiens akan respek pada Anda. Oya… untuk teknik menjawab pertanyaan, saya sudah menulisnya di link berikut. Bisa Anda klik dan baca.

Nah, itulah 10 tips presentasi oleh Garr Reynolds yang saya kutip dari web Presentation Zen. Semoga tips presentasi ini bermanfaat untuk performa Anda berikutnya.

Salam Amazing.

Klik untuk pesan buku Amazing Slide Infographic

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.