BLOG

10 Menit Menyusun Infografis

Menyajikan informasi dalam bentuk infografis merupakan sebuah kewajiban saat ini. Karena audiens selain memerlukan data yang valid, audiens juga butuh visualisasi yang optimal sehingga data tersebut mampu di-sharing kemanapun. Oleh karena itu diperlukan kemampuan menyusun infografis secara efektif dan efisien. Efektif artinya to the point, langsung menjelaskan inti permasalahan. Dan efisien berarti waktu pembuatannya yang cepat, sehingga mampu menghasilkan infografis dalam jumlah berlimpah.

Di artikel ini saya akan coba sharing tentang bagaimana membuat infografis dengan efisien. 10 menit menyusun infografis. Judul ini saya kutip dari artikel yang disusun oleh EDraw, sebuah perusahaan software dan desain yang fokus terhadap visualisasi data.

Selain mendapat teori, Anda pun bisa mengikuti praktik menyusun infografis sehingga menghasilkan visualisasi data yang efektif dan efisien melalui Workshop Infografis bersama saya dan tim Kreasi Presentasi. Silakan hubungi Bu Isti di 0857 3333 0407.

Oke, berikut ini saya akan mencoba menjelaskan secara singkat bagaimana 10 menit menyusun infografis sesuai referensi dari EDraw, yaitu:

1- Susun Struktur Infografis

Infografis terdiri atas header, body dan footer. Header berisi tentang judul dan sub judul yang menarik perhatian. Body berisi tentang konten, analisa, data dan simpulan Anda. Dan footer yang berisi tentang referensi, link sumber dan pustaka yang Anda gunakan. Susun layout infografis Anda menjadi 3, sehingga Anda lebih mudah mengisi masing-masing layout tersebut.

2- Pisahkan Judul Utama, Susun Layout SubJudul

Setelah membagi layout infografis menjadi header, body dan footer, tugas Anda selanjutnya adalah mengisi konten infografis. Anda bisa membagi lagi konten di dalam infografis Anda misalnya menjadi data, analisa dan simpulan. Atau definisi, pembagian definisi dan contoh definisi. Atau masalah, alternatif solusi dan step by step solusi tersebut. Semua tergantung kebutuhan infografis Anda. Susun layout SubJudul sehingga memiliki bentuk yang sama.

3- Susun Layout masing-masing SubJudul

Untuk SubJudul, setelah Anda menentukan alur infografisnya, maka bikinlah sketsa kasar untuk layout masing-masing SubJudul Anda. Sketsa ini memudahkan penempatan dan kebutuhan Anda selama 10 menit menyusun infografis.

4- Wireframe untuk Kepastian

Salah satu faktor lamanya seseorang membuat desain adalah minimnya ide tentang desain tersebut. Desain penuh dengan ketidakpastian, oleh karena itu Anda memerlukan wireframe untuk menjadi patokan infografis Anda.

5- Tentukan Template Warna, Font dan resource apa saja yang Anda perlukan untuk 10 menit menyusun infografis

Template warna infografis yang sudah teruji bisa Anda ketahui dengan mengunjungi berbagai website template warna. Pilihlah warna yang tepat, font yang baku dan konten yang sensasional.

Nah, itulah tips 10 menit menyusun infografis yang disharing oleh EDraw. Moga tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menyusun infografis jauh lebih cepat dan efektif.

Selamat Mencoba.

Salam Amazing

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment